Apa yang berbeda di Europa League musim depan dengan musim sebelumnya?

Apa yang berbeda di Europa League musim depan dengan musim sebelumnya?

Kompetisi Europa League musim 2021/2022, nampaknya akan mengalami perubahan dari segi format kompetisi. Diselenggarakannya UEFA Conference League musim depan, disinyalir menjadi faktor utama penyebab berubahnya format kompetisi Europa League.

Dengan format baru, Europa League musim depan hanya diikuti 32 tim saja yang sebelumnya 48 tim. Peserta menjadi lebih sedikit, karena 16 tim dialihkan ke Conference League. Sebelumnya fase gugur dimulai dari 32 besar, musim depan dimulai dari 16 besar dan ada babak playoff.

Lalu, Peringkat satu dan dua difase grup akan lolos ke babak 16 besar. Tapi peringkat dua harus ikut babak playoff dulu melawan tim peringkat tiga ucl untuk ke 16 besar dan tim peringkat tiga fase grup akan lanjut ke Conference League.

Dengan format ini, dinilai cukup bagus bagi sebagian pihak. Jumlah pertandingan akan lebih sedikit bagi yang juara fase grup. Untuk yang peringkat dua kurang lebih sama seperti musim lalu jumlah pertandingannya.

Pertandingan akan lebih seru karena peringkat dua akan melawan langsung tim peringkat tiga ucl meski di babak playoff. Peringkat tiga masih bisa lanjut berkompetisi meski di Conference League.

Peringkat tiga dengan demikian akan sedikit bertanding lebih banyak, Walau dnilai akan membuat jadwal yang padat bagi peringkat tiga. Hal ini justru menjadi positif, pasalnya tim yang berada di peringkat tiga itu akan merotasi pemain dan mungkin memainkan beberapa pemain mudanya.